KETERAMPILAN MEMBACA
Keterampilan
mencatat adalah aktifitas yang kompleks yang melibatkan berbagai faktor yang
datangnya dari dalam diri pembaca dan
faktor luar. Selain itu, keterampilan membaca juga dapat dikatakan sebagai
jenis kemampuan manusia sebagai produk belajar dari lingkungan, dan bukan
kemampuan yang bersifat instingtif. Atau naluri yang dibawa sejak lahir, oleh
karena itu, proses membaca yang dilakukan oleh seorang dewasa (dapat membaca)
merupakan usaha mengolah dan menghasilkan sesutu melalui penggunaan modal tertentu.
Membaca
adalah proses produksi yang menghasilkan pengetahuan, pengalaman dan
sifat-sifat baru. Aktifitas membaca berkaitan dengan dua hal pokok, yaitu
pembaca dan bahan bacaan. Untuk memperlancar proses membaca seseorang pembaca
harus memiliki modal yaitu:
1. Pengethuan dan pengalaman
2. Kemampuan bderbahasa (kebahasaan)
3. Pengetahuan tentang teknik membaca
4. Tujuan membaca
Tujuan membaca
Tujuan membaca
merupakan modal utama membaca hal-hal yang berkaitan antara tujuan membaca
dengan proses membaca yaitu :
1. Memahami adanya berbagai macam dan variasi
tujuan membaca
2. Perlunya mendorong atau membangkitkan
timbulnya berbagai tujuan membaca
3. Perlunya latihan membaca bagi seseorang
dengan tujuan membaca yang bervariasi
4. Perlunya membina dan mengembangkan berbagai
strategi membaca selaras dengan ragam tujuan membaca.
5. Perlunya membangun perangkat tujuan membaca
yang terbimbing untuk meningkatkan kemampuan membaca
Seseorang yang sadar sepenuhnya akan tujuan membaca akan dapat
mengarahkan sasaran daya pikir kritis dalam mengolah bahan bacaan sehingga
memperoleh kepuasan dalam membaca.
Efektifitas membaca
Membaca cepat aratinya membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak
mengabaikan pemahamannya. Efektif artinya peningkatan membaca itu harus di
ikuti pula oleh peningkatan pemahaman terhadap bacaan.
Pengetahuan tentang teknis membaca
Keterampilan ini berkaitan dengan keseluruhan aktifitas membaca
sehingga dapat mencakup makna proses membaca sebagai aktifitas mengolah kata
yang terkandung dalam bahan bacaan , kreatifitas, membaca sampai pada aktifitas
membaca cepat.
Secara garis besar, pengetahuan tentang teknik membaca meliputi :
A. Pengetahuan tentang aspek-aspek keterampilan
membaca
· Keterampilan mengenali kata
· Keterampilan mengenali tanda baca
· Keterampilan memahami makna tersurat
(memahami makna kata)
· Keterampilan membaca kritis
· Keterampilan membaca kreatif
B. Pengetahuan tentang teknik membaca cepat
C. Pengetahuan tentang membaca telaah ilmiah.
Masalah umum dalam membaca
1. Rendahnya tingkat kecepatan membaca
2. Minimnya pemahaman yang diperoleh
3. Kurangnya minat baca
4. Minimnya pengetahuan tentang cara membaca
yang cepa dan efektif.
Ciri – ciri pembaca yang efisien
:
1. Mempunyai
kebiasaan membaca yang baik, misalnya memusatkan perhatian secara
sungguh-sungguh ketika membaca (tidak sambil mendengar radio) atau duduk tegak
pada meja belajar (tidak membaca sambil tiduran di atas sofa atau tiduran
sambil membaca).
2. Membaca
secara cepat.
3. Dapat
menangkap dan memahami isi dari bahan bacaannya.
Tipe pembaca yang tidak efisien.
1. Membaca dengan memvokalkan apa yang dibacanya
2. Membaca sambil bergerak
3. Membaca sambil tiduran (berbaring)
4. Membaca tidak konsentrasi.
Pandangan
yang salah dalam membaca
1. Pandangan yang menganggap bahwa membaca hanya
merupakan kegiatan reseptif
2. Membaca hanya sebagai proses mengingat
Membaca hanya bila
perlu saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar