Selasa, 19 Februari 2013

MEMBACA


KETERAMPILAN MEMBACA

           
Keterampilan mencatat adalah aktifitas yang kompleks yang melibatkan berbagai faktor yang datangnya dari dalam diri pembaca  dan faktor luar. Selain itu, keterampilan membaca juga dapat dikatakan sebagai jenis kemampuan manusia sebagai produk belajar dari lingkungan, dan bukan kemampuan yang bersifat instingtif. Atau naluri yang dibawa sejak lahir, oleh karena itu, proses membaca yang dilakukan oleh seorang dewasa (dapat membaca) merupakan usaha mengolah dan menghasilkan sesutu melalui penggunaan modal tertentu.
            Membaca adalah proses produksi yang menghasilkan pengetahuan, pengalaman dan sifat-sifat baru. Aktifitas membaca berkaitan dengan dua hal pokok, yaitu pembaca dan bahan bacaan. Untuk memperlancar proses membaca seseorang pembaca harus memiliki modal yaitu:
1.      Pengethuan dan pengalaman
2.      Kemampuan bderbahasa (kebahasaan)
3.      Pengetahuan tentang teknik membaca
4.      Tujuan membaca

Tujuan membaca
Tujuan membaca merupakan modal utama membaca hal-hal yang berkaitan antara tujuan membaca dengan proses membaca yaitu :
1.      Memahami adanya berbagai macam dan variasi tujuan membaca
2.      Perlunya mendorong atau membangkitkan timbulnya berbagai tujuan membaca
3.      Perlunya latihan membaca bagi seseorang dengan tujuan membaca yang bervariasi
4.      Perlunya membina dan mengembangkan berbagai strategi membaca selaras dengan ragam tujuan membaca.
5.      Perlunya membangun perangkat tujuan membaca yang terbimbing untuk meningkatkan kemampuan membaca

Seseorang yang sadar sepenuhnya akan tujuan membaca akan dapat mengarahkan sasaran daya pikir kritis dalam mengolah bahan bacaan sehingga memperoleh kepuasan dalam membaca.

Efektifitas membaca
Membaca cepat aratinya membaca yang mengutamakan kecepatan dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Efektif artinya peningkatan membaca itu harus di ikuti pula oleh peningkatan pemahaman terhadap bacaan.

Pengetahuan tentang teknis membaca
Keterampilan ini berkaitan dengan keseluruhan aktifitas membaca sehingga dapat mencakup makna proses membaca sebagai aktifitas mengolah kata yang terkandung dalam bahan bacaan , kreatifitas, membaca sampai pada aktifitas membaca cepat.
Secara garis besar, pengetahuan tentang teknik membaca meliputi :
A.       Pengetahuan tentang aspek-aspek keterampilan membaca
·      Keterampilan mengenali kata
·      Keterampilan mengenali tanda baca
·      Keterampilan memahami makna tersurat (memahami makna kata)
·      Keterampilan membaca kritis
·      Keterampilan membaca kreatif

B.     Pengetahuan tentang teknik membaca cepat
C.     Pengetahuan tentang membaca telaah ilmiah.

Masalah umum dalam membaca
1.      Rendahnya tingkat kecepatan membaca
2.      Minimnya pemahaman yang diperoleh
3.      Kurangnya minat baca
4.      Minimnya pengetahuan tentang cara membaca yang cepa dan efektif.

Ciri – ciri pembaca yang efisien :
1.      Mempunyai kebiasaan membaca yang baik, misalnya memusatkan perhatian secara sungguh-sungguh ketika membaca (tidak sambil mendengar radio) atau duduk tegak pada meja belajar (tidak membaca sambil tiduran di atas sofa atau tiduran sambil membaca).
2.      Membaca secara cepat.
3.      Dapat menangkap dan memahami isi dari bahan bacaannya.
4.      Seusai membaca dapat mengingat butir-butir gagasan utama dari bahan bacaannya

Tipe pembaca yang tidak efisien.
1.      Membaca dengan memvokalkan apa yang dibacanya
2.      Membaca sambil bergerak
3.      Membaca sambil tiduran (berbaring)
4.      Membaca tidak konsentrasi.

Pandangan yang salah dalam membaca
1.      Pandangan yang menganggap bahwa membaca hanya merupakan kegiatan reseptif
2.      Membaca hanya sebagai proses mengingat
Membaca hanya bila perlu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar